12 Cara Menenangkan Bayi Yang Rewel dan Menangis Pada Malam Hari

Cara menenangkan bayi yang menangis dan rewel - manfaat-sehata.com  Bayi, terutama bayi yang baru lahir memang baru bisa berkomunikasi melalui tangisan. Nah, sekarang yang menjadi masalah bagi kita adalah bagaimana mengartikan tangisan itu sendiri. Bayi menangis biasanya karena lapar, lelah, popoknya basah, kulit lecet karena pemakaian popok, bajunya kesempitan sehingga membuatnya tidak nyaman, merasa kesepian, atau juga karena kolik.

Cara Menenangkan Bayi Yang Rewel dan Menangis

cara menenangkan bayi
Bayi Nangis
Bagi para ibu muda yang bisa dikatakan belum berpengalaman merawat bayi, mungkin ini bisa menjadi masalah tersendiri. Energi kita akan terkuras banyak dan bisa jadi emosi kita pun akan naik. Jadi, tetaplah fit sekalipun setelah melahirkan. Serta pintar-pintar mengatasi dan mengartikan kerewelan bayi. Berikut ini beberapa cara jitu untuk menenangkan bayi rewel atau menangis :


  • Susui bayi (umumnya bayi rewel karena merasa lapar).
  • Periksa popoknya. Jika kita menggunakan pampers, rajin-rajinlah untuk menggantinya agar tidak terjadi iritasi.
  • Sendawakan bayi. Mungkin bayi menangis dan rewel karena tidak nyaman (kembung). Cara menyendawakan bayi yang benar adalah menyandarkan tubuh bayi pada bahu kita, dengan posisi badan vertikal atau tegak lurus. Kemudian dagu bayi harus lebih daripada bahu kita, badan lurus kebawah, dan leher bayi disangga oleh tangan kita. Lalu tepuk-tepuklah tubuh bagian tengah (lambung terletak di tengah) di bawah iga sebelah kiri.
  • Peluk si kecil. Dengan mendengarkan detak jantung ibu, bayi akan menjadi lebih tenang. Pastikan pakaian yang dikenakannya nyaman.
  • Putarkan musik. Pilih musik yang lembut dan menenangkan.
  • Lakukan kontak mata dengan bayi. Ingat kontak mata ini sangat penting karena dari sini, bayi akan merasa kalau kita selalu mencintai dan memperhatikannya.
  • Tidurkan bayi.


Namun, bagaimana jika ternyata si kecil terkena kolik? Apa yang sebaiknya kita lakukan? Karena ternyata 20 % dari bayi memiliki kebiasaan menangis yang pasrah selama bulan-bulan pertama kehidupannya.

Sebenarnya apa itu kolik? Hingga saat ini belum ada yang tahu pasti mengapa bayi mengalami kolik. Namun, kolik biasa menyerang bayi yang baru lahir dan bisa berupa gangguan pada daerah perut. Para dokter menganggap bahwa bayi yang mengalami kolik adalah bila mereka menangis secara tiba-tiba dan tanpa alasan yang jelas. Ciri-ciri bayi terkena kolik adalah :

Si kecil rewel, menangis, dan tampak kesakitan.
Menarik-narik kakinya ke arah perut dan tangannya menegang.
Wajah memerah, dan menangis tanpa henti biarpun kita sudah mengerahkan berbagai cara untuk menenangkannya.

Nah di bawah ini adalah tips dan trik untuk menenangkan bayi kolik, yaitu dengan :


  • Mengubah teknik menyusui. Jangan terlalu cepat mengganti payu d4ra. Agar bayi kita mendapat bagian ASI yang penuh lemak, dan tidak hanya kepala susu (ASI rendah lemak) saja.
  • Memberi pijatan lembut. Gunakan minyak telon agar perut bayi tetap hangat. Buat gerakan searah jarum jam dengan tekanan yang ringan tapi konsisten di bagian perut bayi.
  • Mendekap dan memeluk si kecil. Dengan memeluk dan mendekapnya maka tubuh kita akan mengalirkan kehangatan ke dalam perutnya, sehingga akan membantu angin dalam perut keluar. Selain itu bisa juga dengan menggendong bayi dalam posisi telungkup dengan kepala terletak pada siku dan tangan kita. Tekanan lengan kita pada perutnya akan membantu mengeluarkan angin yang terperangkap tadi.
  • Memeriksa makanan yang kita konsumsi tadi (jika kita menyusui). Apa yang kita makan dapat dirasakan bayi melalui ASI. Makanan yang “keras” seperti kafein, coklat, cabai, bawang putih, bisa menyebabkan perut tidak nyaman.
  • Membaringkan bayi di atas dada kita. Biarkan dia mendengarkan detak jantung dan keteraturan nafas kita. Ini biasanya akan membuat bayi menjadi lebih tenang.
  • Memeriksa susu formula yang dikonsumsinya. Bisa jadi susu formulanya menyebabkan mual bahkan dapat menimbulkan alergi ringan. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter anak langganan, tanyakan susu formula apa yang cocok bagi bayi kita.

Jangan panik. Kolik tidak akan menyebabkan muntah atau demam tinggi, tapi jika gejala ini muncul secara tiba-tiba, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk konsultasi, karena yang dikhawatirkan ada kemungkinan virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh bayi.

Nah demikian tadi cara jitu tenangkan bayi rewel atau kolik. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu bagi kita semua. sekian dan terimakasih.

Baca Juga Cara Menghilangkan Bekas Cacar Ampuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Cara Menenangkan Bayi Yang Rewel dan Menangis Pada Malam Hari"

Posting Komentar