Inilah Bahaya Semut Jepang Bagi Usus Menurut Dokter ! Harus Tau!!!

Bahaya semut jepang bagi usus menurut dokter - Semut jepang dalam beberapa bulan lalu heboh media sosial soal broadcast seorang ibu-ibu dari Magelang yang ususnya dikatakan bernanah akibat karena memakan semut jepang

Bahaya Semut Jepang Bagi Usus menurut Dokter

bahaya semut jepang bagi usus
gambar semut jepang

Kasus semut jepang tersebut diduga si ibu menderita penyakit diabetes. dan dia melakukan percobaan pengobatan menggunakan semut jepang selama 1 tahun. Tetapi dia mengalami diare yang tidak sembuh-sembuh lalu perut si ibu ibu membesar dan di bawa ke rumah sakit untuk di operasi.

Tetapi naas ususnya sudah hancur dan bernanah karena banyak bakteri yang bersarang di usus. Suami ibu tersebut yang merupakan dosen di UGM kemudian menyelidiki semut Jepang yang dikonsumsi istrinya di lab. Hasilnya di dalam toples tempat menyimpan semut itu ternyata banyak sekali bakteri. Bakteri itu bisa mati bila terkena air mendidih selama 5 menit, sementara semut Jepang terkena air panas 1 menit saja sudah mati. Sehingga disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi semut Jepang agar terhindar dari bakteri yang merusak usus.

Khasiat Semut Jepang menurut Kedokteran

dr. R.Bowo Pramono, Sp.PD. KEMD(K), dosen penyakit dalam subbagian endokrin Fakultas Kedokteran (FK) UGM, mengatakan semut jepang belum bisa dipastikan manfaat serta keamanannya bagi pengobatan diabetes. Pasalnya, hingga saat ini belum ada bukti uji klinis semut jepang secara ilmiah terkait manfaat semut jepang untuk obat diabetes.

"Belum ada uji secara ilmiah atau uji klinis akan manfaat semut jepang ini untuk kesehatan manusia termasuk pengobatan bagi penderita diabetes," terangnya, Selasa (16/2) di klinik diabetes RSUP Dr. Sardjito.

Bowo mengatakan dalam terapi diabetes, pengobatan ditujukan untuk menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam darah. Terdapat berbagai terapi yang bisa dilakukan untuk penderita diabetes, seperti terapi insulin untuk meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita diabetes yang disebabkan kekurangan insulin. Berikutnya, pemberian obat-obatan yang digunakan untuk mencegah kadar gula dari makanan tidak masuk dalam darah bagi penderita diabetes yang resisten terhadap insulin.

Cara kerja semut jepang dalam tubuh 

"Saat mengonsumsi semut jepang ini akan menimbulkan rasa mual dan tidak mau makan. Dengan begitu otomatis kadar gula darah turun. Mungkin prinsip ini yang dipahami dalam terapi semut jepang," papar Kepala SMF/KSM Penyakit Dalam RS. Dr. Sardjito ini.

Sementara, terkait berita pasien yang ususnya rusak, hancur, serta bernanah karena konsumsi semut jepang, Bowo menyebutkan hal itu masih diperlukan penelitian secara mendalam. Terdapat berbagai macam kemungkinan yang bisa menyebabkan kejadian tersebut.

"Umumnya kalau sudah terkena enzim di usus semut bisa mati. Namun, jika semutnya kuat dan tidak mati kemungkinan bisa merobek usus disana-sini, tapi bisa juga memang ususnya sudah rusak bukan karena makan semut ini," urainya.

Bowo menyebutkan diabetes tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dikendalikan dengan terapi insulin maupun obat-obatan. Selain itu, perlu juga menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan makan teratur sesuai kebutuhan, menjaga komposisi nutrisi yang seimbang, serta melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya. 

Bowo mengimbau masyarakat untuk lebih perhatian saat memilih pengobatan herbal untuk pengobatan diabetes. Perlu dipastikan terlebih dahulu apakah pengobatan tersebut sudah terbukti secara ilmiah kemanfaatannya.

"Silakan untuk melakukan pengobatan herbal.  Namun, perlu diperhatikan bahwa pengobatan itu sudah teruji secara ilmiah dan ada kepastian keamanan dan manfaatnya bagi tubuh," terangnya

tags: harga semut jepang 2018, semut jepang menurut islam, dosis semut jepang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Bahaya Semut Jepang Bagi Usus Menurut Dokter ! Harus Tau!!!"

Posting Komentar