9 Cara Meningkatkan Kecerdasaan Anak Secara Optimal

Cara meningkatkan kecerdasan anak | manfaat-sehata.com - Hal yang wajar kalau setiap orang tua ingin mempunyai anak cerdas dan kreatif. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara untuk mengoptimalkan kecerdasan anak.

Kecerdasan anak itu dapat diupayakan, bahkan sekarang ini semakin mudah ditemui panduan-panduan ataupun literatur untuk membantu mewujudkan mimpi mempunyai anak yang cerdas. Baik berupa buku, vcd, pendidikan pra sekolah, taman bermain, bahkan produk-produk susu dengan berbagai kandungan yang intinya untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

cara meningkatkan kecerdasan anak
cara meningkatkan kecerdasan anak

Apapun upaya yang dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kecerdasan anak itu sah-sah saja, asalkan anak itu sendiri tidak merasa terbebani. Artinya, baik orang tua maupun anak sama-sama menikmati proses tadi. Dari sisi anak, dia sudah paham bahwa apa yang dilakukan orang tuanya adalah untuk bekal hidupnya kelak. Sementara itu, dari sudut pandang orang tua juga harus peka terhadap isyarat, minat, keinginan, dan pendapat anak.

Yang penting, Orang tua tidak berusaha memaksakan kehendaknya. Ingat bahwa anak masih terbatas kemampuannya. Mereka bukanlah superman atau wonderwoman, jadi terimalah mereka apa adanya dengan kekurangan atau kelebihannya.
Dibawah ini adalah 9 cara meningkatkan kecerdasan anak agar optimal, antara lain :

Bermain.

Bermain juga akan membantu mengembangkan panca inderanya. Misalnya : bermain puzzle, menggambar, mewarnai, menyanyi, memperkenalkan nama-nama benda, dll.

Mendongeng atau membacakan cerita.

Mendongeng atau membacakan cerita akan membantu menanamkan kebiasaan membaca pada anak. Selain itu pesan moral yang terkandung dalam sebuah buku juga akan lebih mudah diterima seorang anak melalui cerita/dongeng yang dibacakan orang tuanya. Membaca juga merupakan terapi terbaik untuk melatih kemampuan bahasa si kecil. Selain itu, mereka juga dapat mengasah rasa ingin tahunya melalui cerita-cerita tadi. Melalui membaca pula anak akan terbantu untuk memahami susunan kalimat yang benar serta arti sebuah gambar.

baca juga 4 Tips Memilih Busana Muslim Untuk Anak Saat Lebaran

Merespon keingintahuan mereka yang sangat tinggi.

Jika kita senantiasa merespon keingintahuan mereka, maka anak otomatis akan merasa diperhatikan. Mereka juga merasa dihargai, sehingga mereka akan belajar menghargai orang lain juga. Selanjutnya, mereka akan berani dalam berkreasi/lebih kreatif. Jangan jengkel jika anak sering bertanya bahkan mengulang-ulang pertanyaan yang sama. Ini adalah hal yang wajar karena rasa keingintahuan mereka yang besar. Oleh karena itu, berikan jawaban dengan bahasa yang mudah mereka pahami sesuai dengan usia mereka.

Biarkan anak mencoba dan merasakan semua hal yang ingin diketahuinya.

Kita tidak perlu terlalu protektif, karena dengan membiarkan anak mencoba segala hal, kita akan membuat kemampuan motoriknya semakin berkembang. Agar aman singkirkan benda-benda yang dapat berpotensi menimbulkan bahaya pada anak.

Libatkan anak dalam kegiatan sehari-hari.

Tetapi tentu saja kita juga harus menyesuaikan dengan perkembangan kemampuannya.

Sediakan mainan yang mampu merangsang kemampuan motoriknya, seperti lego atau puzzle.

Beri empati pada anak.

Sebagai bukti bahwa kita peduli pada mereka, rasa empati ini juga akan membantu memupuk keberanian dan rasa percaya diri pada anak.

Beri contoh.

Jangan sekedar melarang-larang atau menyuruh-nyuruh anak bahkan memarahi mereka jika melakukan kesalahan. Selalu beri contoh bagi mereka. Anak mungkin tidak atau belum tahu bagaimana mengekspresikan dirinya. Oleh karena itu, inilah tugas kita untuk membimbing mereka. Misalnya : meminta maaf pada anak jika kita memang melakukan kesalahan, ini mengajarkan anak berani mengakui kesalahannya dan minta maaf pada orang lain jika memang benar-benar bersalah.

baca juga 12 Cara Menenangkan Bayi yang Rewel dan Menangis

Beri kesempatan anak bermain dengan teman-teman sebayanya.

Ajak mereka keluar rumah untuk bermain dengan tetangga yang sebaya, dan mengikutkan mereka dalam kegiatan di sebuah taman bermain. Dengan demikian anak mendapat pelajaran untuk berbagi, bekerjasama, mengalah, dan belajar bersosialisasi sekaligus mengasah kemampuan komunikasi serta kepekaan sosialnya.

baca juga 3 Cara Menghilangkan Lubang Bekas Cacar

Selalu memberikan kasih sayang kepada anak.

Senantiasa memberikan kasih sayang yang membuat mereka merasa aman, terlindungi, dihargai, dan diperhatikan.

Nah demikian tadi pembahasan kita tentang Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Secara Optimal . Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Related Keyword:
cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini
cara meningkatkan kecerdasan anak usia 7 tahun
cara meningkatkan kecerdasan anak balita
cara meningkatkan iq anak sejak bayi
meningkatkan kecerdasan otak anak
cara meningkatkan iq anak remaja
vitamin untuk meningkatkan iq anak
cara meningkatkan intelegensi anak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Cara Meningkatkan Kecerdasaan Anak Secara Optimal"

Posting Komentar