26 Manfaat Kurma Untuk Pengobatan, Kecantikan, Kesuburan, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk pengobatan, kecantikan, kesuburan, diet dan ibu hamil - Manfaat dari kurma termasuk diantaranya adalah sembelit , gangguan usus, masalah jantung , anemia , disfungsi seksual, diare , kanker perut , dan banyak kondisi lainnya. Kurma juga membantu untuk mendapatkan berat badan yang sehat . buah kurma ada banyak macam seperti  kurma ajwa,kholas,barhi, khidri dsb, mereka kaya akan beberapa vitamin , mineral , dan serat . Buah - buahan yang lezat ini mengandung minyak, kalsium , sulfur, besi , kalium , fosfor, mangan , tembaga dan magnesium, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kurma Untuk Pengobatan

Kandungan nutrisi yang kaya kurma membuat mereka bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Berbagai manfaat kesehatan buah kurma adalah sebagai berikut:
manfaat kurma untuk pengobatan
Manfaat Kurma

1. Menyembuhkan Anemia

Anemia ditandai oleh jumlah sel darah merah yang luar biasa rendah dalam tubuh manusia dan disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kurma mengandung kadar zat besi yang mengesankan yang menjadikannya obat rumah yang sempurna untuk mengobati defisiensi zat besi. Konsumsi kurma secara teratur dapat sangat meningkatkan jumlah zat besi dalam darah. Tingkat zat besi yang tinggi tidak hanya menyeimbangkan kurangnya zat besi pada pasien anemia tetapi juga meningkatkan kekuatan dan vitalitas.

2. Mengobati Sembelit

Kurma adalah makanan pencahar yang luar biasa. Ini membuat mereka bermanfaat bagi mereka yang menderita sembelit. Mereka kaya serat larut, yang memainkan peran penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan melewati makanan yang nyaman melalui saluran usus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merendam kurma dalam air semalam. Makanlah kurma yang sudah direndam tadi pagi seperti sirup untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Pengobatan Diare

Passing of 4 atau lebih longgar, berair kotoran dalam sehari disebut Diarrhoea. Masalah kesehatan buruk ini disebabkan karena beberapa faktor, yang mungkin atau mungkin tidak menular. Tanggal matang efektif dalam mengobati diare karena mengandung potasium yang membantu dalam mengelola kelonggaran usus. Mereka juga mudah dicerna yang membantu dalam mengurangi diare kronis. Serat larut dalam kurma juga menyediakan curah untuk gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskretoris yang sehat.

4. Kesehatan Tulang

Dikemas dengan sejumlah besar mineral, kurma berguna untuk memperkuat tulang dan menyembuhkan penyakit yang menyakitkan seperti osteoporosis. Mineral seperti selenium, mangan, tembaga dan magnesium yang ditemukan dalam kurma sangat berkontribusi terhadap perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama dengan perkembangan usia ketika tulang melemah secara bertahap.

5. Mencegah Kanker Perut

Kanker perut termasuk kanker perut, kanker ginjal, kanker rahim, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker hati dan kanker usus atau kolorektal. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma bekerja untuk mengurangi risiko dan dampak kanker perut. Selain itu, mereka dapat dengan mudah dicerna dan dimanfaatkan untuk menyediakan energi surplus.

6. Menjaga Kesehatan Usus

Kehadiran nikotin dalam kurma dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis berbahaya dan mendorong pertumbuhan bakteri bersahabat di usus. Selain itu, mereka mengandung serat larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat, yang memastikan pencernaan makanan yang tepat. Ini menghasilkan penyerapan penuh nutrisi oleh saluran pencernaan dan penggunaannya yang tepat di dalam tubuh.

7. Menjaga Sistem Saraf Sehat

Sistem saraf meliputi sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer. Kurma merupakan sumber vitamin yang baik yang meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf manusia. Kandungan potassium yang melimpah juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak. Kalium, yang merupakan unsur vital dari sel dan cairan tubuh, juga mengontrol detak jantung dan tingkat tekanan darah tubuh, sehingga mencegah penyakit jantung koroner dan stroke jantung.

8. Baik untuk Jantung

rendaman kurma di malam hari dan makan di pagi hari bermanfaat untuk jantung yang lemah. Buah kurma adalah sumber potasium yang kaya yang telah terbukti mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Mereka mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan stroke dengan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

9. Pengobatan Alergi

Kurma mengandung sulfur organik, yang jarang ditemukan pada makanan lain. Sulfur organik memiliki beberapa manfaat kesehatan, yang meliputi pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman. Senyawa sulfur organik bermanfaat bagi orang yang menderita Rhinitis Alergi Musiman (SAR). Kurma adalah pilihan yang bagus untuk mencegah dan mengobati alergi.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menjaga kesehatan mata dan juga mencegah penyakit seperti rabun senja. Pasta daun kurma dapat digosok di sekitar mata atau tanggal dapat dicerna secara lisan untuk mengurangi kebutaan di malam hari.

Manfaat Kurma Untuk Kesuburan

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma ternyata bermanfaat untuk meningkatkan stamina seksual. Rendam segenggam kurma dalam susu kambing segar semalam, lalu digiling dengan susu yang sama dengan campuran bubuk kapulaga dan madu . Campuran ini menjadi tonik yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh berbagai gangguan seksual. Ilmu di balik fenomena ini sebagian besar karena penggunaan tradisional yang merangsang penelitian formal. Pada tahun 2006,  Bahmanpour [ 11 ] mempelajari efek dari pohon kurma dan minyak mereka pada fungsi seksual dan menemukan bahwa tingginya kadar estradiol dan flavonoid komponen kurma adalah apa yang meningkatkan jumlah sperma dan motilitas, serta mempromosikan peningkatan ukuran dan berat testis.

13. Kesehatan Gigi

Kurma mengandung fluor, unsur kimia penting yang menghambat kerusakan gigi dengan membuang plak serta memperkuat enamel gigi. Enamel gigi terdiri dari hidroksipatit yang menjadi resisten terhadap kerusakan gigi ketika terjadi kontak dengan fluor.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

14. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Kurma juga menawarkan beberapa manfaat selama kehamilan. Karena kaya zat besi, manfaat kurma untuk ibu hamil mencegah anemia pada calon ibu dan janin. Mereka juga bermanfaat untuk meningkatan otot-otot rahim, memungkinkannya untuk memperbesar dengan cara yang halus. Kurma juga memperbaiki ASI dengan memberikan nutrisi yang cukup.

15. Mengobati Keracunan

Alkoholisme adalah masalah yang tidak hanya menghancurkan peminum tetapi juga keluarganya. Kurma merupakan pengobatan yang bagus untuk keracunan alkohol, menawarkan kenyamanan cepat. Mereka dapat digosok serta disiram semalaman untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan

Nilai nutrisi yang kaya dari kurma membuat mereka bermanfaat bagi kulit Anda juga. Beberapa manfaat perawatan kulit yang luar biasa dari buah kurma diberikan di bawah ini.

16. Pemeliharaan Kulit Agar Sehat

Buah kurma mengandung vitamin C dan flavonoid, yang dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda sehingga membuat kulit Anda lembut dan halus. Kurma juga mengandung vitamin B5 yang membantu mencegah masalah kulit seperti stretch mark.

17. Anti-penuaan Kulit

Kurma merupakan sumber antioksidan yang kaya, yang dapat secara efektif melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, sehingga mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin C, khususnya, membantu mengurangi terjadinya kerutan dengan melawan oksidasi dan mencegah penumpukan melanin di dalam tubuh manusia.

Manfaat Rambut Kurma:
Folikel rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan pemeliharaan yang tepat. Konsumsi teratur kurma dapat bermanfaat bagi rambut Anda.

18. Menjaga Rambut Sehat

Kurma banyak mengandung vitamin, terutama vitamin B5, yang penting untuk pemeliharaan rambut yang sehat. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan masalah rambut seperti rambut rontok, rambut rapuh dan ujung bercabang. Konsumsi kurma dapat membantu meminimalkan masalah ini.

Manfaat Kurma Untuk Diet

19. Meningkatkan Berat Badan:

Jika Anda kekurangan berat badan, buah kurma cocok untuk Anda! Buah kurma adalah sumber gula, protein, dan banyak vitamin penting yang dibutuhkan dalam perkembangan tubuh. Mengkonsumsi kurma dengan mentimun membantu menjaga berat badan agar normal tanpa menyebabkan kekurangan gizi. Jika Anda kurus dan langsing, Anda bisa makan kurma untuk menambah berat badan dan membangun otot.

20. Membantu pertumbuhan otot

Buah kurma mengandung lysine yang bermanfaat efektif membantu pertumbuhan pada otot kita. Selain itu buah kurma mempunyai protein yang tinggi yang ampuh untuk meregenerasi sel otot kita.

21. Menyembuhkan penyakit Demam Berdarah


Buah kurma mampu menyembuhkan penyakit ini karena dengan mengkonsumsi buah kurma akan meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

22. Mencegah Penyakit Stroke

Buah kurma mengandung kalium. Kandungan kalium pada buah kurma mampu menjaga tubuh kita terhindar dari stroke. Ini karena buah kurma mampu menjaga denyut jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

23. Menghindari Rematik

Kandungan mineral yang tinggi pada buah kurma selain menjaga kesehatan tulang juga bisa menghindarkan tubuh terkena dari serangan rematik.

24. Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan kalium pada buah kurma mempunyai peran penting bagi otak kita. Dengan kandungan kalium tersebut bisa membuat saraf-saraf otak bekerja dengan baik. Maka dari itu penting bagi kita yang ingin meningkatkan kemampuan otak serta kecerdasannya dengan mengkonsumsi buah kurma.

25. Mengurangi gejala PMS

Untuk para wanita yang sedang mengalami masa PMS bisa terbantu dengan mengkonsumsi buah kurma. Ini karena buah kurma mengandung kandungan mangan (manganese) yang berperan baik dalam menjaga gangguan emosi, mood, sakit kepala dan gejala-gejala lainnya yang sering dialami oleh wanita yang sedang PMS.

26. Mencegah Stroke

Kandungan kalium pada buah kurma mampu menjaga tubuh kita terhindar dari stroke. Ini karena buah kurma mampu menjaga denyut jantung dan peredaran darah dalam tubuh.

Nilai Gizi Kurma:

Kurma merupakan pembangkit nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral dan serat makanan tetapi tidak mengandung natrium sama sekali. Grafik yang diberikan di bawah ini menunjukkan bahwa tanggal juga padat nutrisi.

  • Kalori: Kurma mengandung kalori tinggi dengan 100 gram daging kurma yang mengandung  hingga 314 kalori.
  • Protein dan Lemak: Kurma mengandung protein dan lemak yang rendah tetapi mengandung banyak gula, yang terutama terdiri dari fruktosa dan glukosa. Biji kurma memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi (9 gram / 100 gram) dan protein (5,1 gram / 100 gram) dibandingkan dengan daging.
  • Vitamin: Kurma merupakan sumber vitamin A sebesar 100 gram yang menyediakan 149 Unit Internasional (IU) dari vitamin ini. Mereka juga mengandung kadar vitamin B kompleks yang memadai seperti piridoksin (vitamin B6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin serta vitamin K.
  • Mineral: Kurma kaya akan sumber mineral seperti selenium, tembaga, kalium, magnesium, mangan, kalsium, dan zat besi. Mereka mengandung banyak kalium dengan 100 gram buah kurma menyediakan 696 mg kalsium atau 16% dari tingkat yang direkomendasikan harian elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Buah kurma juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik, menyediakan 0,90 mg dalam setiap100 gram porsi yang merupakan 11% dari asupan zat besi harian yang direkomendasikan dalam tubuh.
Itulah dia 25 Manfaat kurma untuk pengobatan, manfaat makan kurma di pagi hari, manfaat kurma untuk diet, kesuburan, kecantikan, dan ibu hamil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26 Manfaat Kurma Untuk Pengobatan, Kecantikan, Kesuburan, Diet dan Ibu Hamil"

Posting Komentar