Manfaat dan Bahaya Micin (MSG) untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat dan bahaya micin (MSG) untuk kesehatan | Manfaat Kesehatan - Selama ini, MSG dianggap berperan penting menyumbang banyak sekali masalah kesehatan. Bahkan beberapa sumber menyebut, MSG sebagai salah satu faktor kuat pemicu kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Beberapa orang menyebut mengkonsumsi MSG, menyumbang banyak keburukan untuk otak. Ternyata, MSG tidak seburuk itu pengaruhnya. Bahkan beberapa fakta mengungkapkan MSG aman dikonsumsi.

Manfaat dan Bahaya Micin (MSG) Untuk Kesehatan

manfaat dan bahaya micin
manfaat dan bahaya micin (MSG)

MSG atau Mono Sodium Glutamat,  sering ditambahkan ke dalam masakan. Bahkan hampir setiap restauran di Indonesia, menambahkan MSG untuk memberikan citarasa yang sedap. Memang fungsi MSG adalah untuk memberikan tambahan rasa sedap pada makanan. Dahulu, penambahan MSG pada masakan China sempat mengundang masalah, sampai kemudian muncul istilah Chinese Restaurant  Syndrome (CRS). Namun, hal ini dibantah beberapa orang yang menyebut, kejadian CRS adalah kejadian untuk orang yang sensitif saja. Dan, mereka tetap menguatkan bahwa MSG aman dikonsumsi.

Benarkah MSG Aman dikonsumsi ?

Mono Sodium glutamate (MSG) adalah sebentuk garam natrium dari glutamat, yang berfungsi menyajikan rasa sedap. Rasa sedap yang diberikan oleh MSG sama dengan glutamat asli. MSG hanya terdiri dari air, natrium, dan glutamat. Dulu, MSG dibuat dari rumput laut, saat ini bahan baku pembuatan MSG adalah gula tebu. Rasa pada MSG sendiri amatlah unik. Karena ia berasal dari campuran banyak rasa, yaitu manis, asam, asin, dan pahit. Campuran lima rasa unik ini kemudian disebut Umami Taste.

Jika MSG dikatakan tidak memberikan efek baik bagi tubuh saat dikonsumsi, justru beberapa peniliti menyebutkan MSG aman dikonsumsi, berdasarkan penelitian-penelitian mereka. Mengapa demikian?

Beberapa peneliti mengatakan,Tubuh manusia hanya mampu mengenali Glutamat, tanpa membedakan glutaman MSG ataupun glutamat alami. Tubuh tidak membaca glutamat yang masuk ke tubuh itu dbuat dari buah, keju, jamur atau dari MSG. Glutamat yang masuk dalam bentuk MSG ini, diabsorbsi oleh usus dan sebagian dimeetabolisme menjadi energi. Hanya sedikit sekali glutamat dari MSG yang masuk dalam aliran darah. Konsumsi glutamat dalam jumlah yang besar, misalnya di atas 5 gram, mungkin akan meningkatkan kadar nya dalam aliran darah, namun kadar tersebut akan surut kembali dalam 2 jam. Hal ini yang menjadi kesimpulan MSG aman dikonsumsi.

baca juga Manfaat Kurma

Tidak hanya itu, penelitian pendukung lainnya juga menyebutkan, Glutamat sangat sulit menembus sawar darah otak, karena otak sendiri telah mensintesis glutamat dari jalur trikarboksilat. Ibu menyusui bahkan kuatir mengenai kualitas Asi yang dimiliki ketika mengkonsumsi glutamat, padahal disebutkan juga MSG sangat kecil sekali pengaruhnya pada ASI, dan bahkan ASI sendiri sudah memproduksi glutamat. Termasuk juga, glutamat dikatakan tidak menembus plasenta. Karenanya, MSG aman dikonsumsi ibu menyusui

Apakah MSG aman dikonsumsi anak-anak dan bayi? Hal ini juga menjadi perdebatan. Beberapa literatur di negera maju menyebutkan, MSG aman dikonsumsi anak-anak, bahkan pada bayi, sekalipun bayi premature. Tidak ada faktor yang membedakan cara memetabolisme glutamat anatara anak-anak dan dewasa. Di dalam ASI sendiri, glutamat ditemukan 10 kali lipat lebih banyak dibanding dalam susu sapi.

Tetap Aman Tanpa Berlebihan

Walaupun beberapa sumber menyebutkan jumlah yang berbeda, namun secara umum dimaksudkan sama, yaitu MSG aman dikonsumsi jika dalam nilai dan batas tertentu. Jumlah MSG yang terbilang aman dikonsumsi adalah 0,3-1 gr sehari.

Sayang sekali, kehidupan moderen, membuat beberapa orang enggan memasak makanan sendiri, sehingga cenderung membeli makanan instan, seperti mie instan. Â Pada setiap makanan instan memang digunakan MSG, namun dalam batas kadar aman. Orang yang memakan makanan instan setiap hari, otomatis lupa untuk mengakumulasi berapa banyak MSG yang telah masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian dijadikan masalah. Makanan instanpun dituduh menjadi sumber masalah, karena mengandung SMG, padahal jumlah MSG yang terdapat di dalamnya sudah dalam batas aman yang ditentukan BPOM. Tinggalah manusia yang memilah dan menentukan jumlahnya yang akan masuk ke dalam tubuh masing-masing. Jika memang dirasa sudah berlebihan, maka cobalah membuat masakan sendiri dengan citarasa alami.

baca juga Manfaat Semut Jepang

Nah, MSG aman untuk dikonsumsi, kan? Tinggal manusia yang bijak menentukan jumlahnya. itulah dia manfaat dan bahaya micin (MSG) untuk kesehatan
Tags:
manfaat micin untuk tanaman
manfaat micin buat burung
fakta micin
micin ajinomoto
micin bikin bodoh mitos atau fakta
kandungan msg
dampak positif msg
manfaat micin
manfaat micin untuk wajah
kandungan msg
bahaya msg
fungsi msg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Bahaya Micin (MSG) untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar