101 Manfaat Push Up Diamond 100 kali sehari Sebelum/Sesudah Bangun Tidur

Manfaat Push Up Diamond 100 kali sehari sebelum/sesudah bangun tidur - Push up adalah olahraga untuk pembentukan otot dan kekuatan lengan sangat bermanfaat bagi pria, wanita dari kalangan dewasa, remaja maupun anak-anak (harus dibimbing orang dewasa). Ahli menyarankan untuk melakukan push up setidaknya 30 sampai 100 kali sehari. Push up juga bisa dilakukan di pagi ataupun malam hari, namun pastikan untuk tidak melakukannya setelah makan karena bisa menyebabkan rasa tak nyaman pada perut.

Orang-orang pasti sudah familiar dengan olahraga ini. Push Up, Olahraga ini tergolong murah, mudah, dan bisa dilakukan di mana saja baik di dalam maupun luar ruangan. Push up juga salah satu jenis olahraga yang bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Manfaat Pushup 100 kali sehari

manfaat push-up
push-up

Gerakan push up sangat sederhana, tetapi mempunyai manfaat luar biasa bagi tubuh. Itulah kenapa para praktisi beladiri, tidak pernah meninggalkan latihan fisik tersebut. Tidak hanya membentuk tubuh yang bagus, tetapi kekuatan otot juga semakin meningkat. Nah, apa sajakah manfaat dari latihan push up?

1.  Dapat Meningkatkan Hormon Pertumbuhan HGH

Melakukan olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan pertumbuhan HGH, karena hormon ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup besar.

2.  Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga ini juga dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh pada saat melakukan atau sesudah melakukan, yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan berlebih.

3.  Dapat Meningkatkan Masa Tulang

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka masa tulang secara alami akan mengalami penurunan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan keropos tulang atau disebut dengan osteoporosis. Osteoporosis merupakan suatu kondisi yang di mana ditandai dengan melemahnya masa tulang, sehingga sangat rentan mengalami patah tulang. Untuk itu, sangat disarankan rutin melakukan olahraga seperti push up untuk melatih dan menjga tulang tetap sehat dan kuat dari sekarang baca juga 99 Manfaat Latihan Olahraga Back-Up dan Fungsi latihan push up sit up back up dan pull up

4.  Melatih Otot Jantung

Banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi lebih besar?. Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung. Orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

5.  Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

Gerakan push up banyak memanfaatkan kerja otot bahu, lengan dan dada. Jika diperhatikan maka gerakan push up cenderung akan membuat otot pada bagian bahu, lengan, dan dada memiliki ukuran yang besar. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab saat gerakan push up terjadi maka kekuatan otot perut, tulang belakang, dan pinggul juga akan bekerja. Hal inilihah ynag membuat gerakan push up bisa membentuk otot pada bagian atas dan bawah tubuh menjadi lebih seimbang.

6.  Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang, atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu, namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin. Gerakan push up secara sekaligus, akan melatih otot tubuh, membentuk otot dada, lengan, dan bahu, sehingga postur tubuh bisa menjadi lebih baik. Secara umum manfaat olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

7.  Membentuk Perut

Ingin memiliki perut "six-pack" ?. Six pack adalah bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak berjumlah enam kotak, keras dan kuat. Jika ingin memiliki perut six-pack, dengan cara yang mudah dan hemat maka lakukan saja gerakan push up. Gerakan push up akan mempertahankan semua otot perut, pinggul dan tulang belakang. Saat badan bergerak naik atau turun maka otot perut akan bekerja maksimal untuk mempertahankan bentuknya. Dengan cara ini maka otot perut akan terlatih, sehingga bisa terlihat sebagai otot yang kuat.

8.  Menstabilkan Otot Bahu

Apakah anda pernah mendengar tentang kelainan bahu yang tidak seimbang?, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan gerakan push up secara rutin. Saat badan melakukan push up, maka kekuatan otot bahu terletak pada bagian bahu atas atau otot deltoid. Otot ini akan menjaga gerakan bahu agar kuat, stabil, dan seimbang seperti melakukan olahraga renang.

9.  Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Push up bekerja pada semua wilayah tubuh bagian atas. Olahraga ini akan menguatkan bagian leher, pundak, lengan atas, dan tangan. Bagi wanita, push up akan membantu mengecilkan lemak yang menggelambir di sekitar lengan atas.

10.  Mengencangkan Otot

Melakukan push up yang baik dan benar akan mengencangkan otot-otot anda, terutama pada bagian lengan, dada, dan perut.

11.  Membakar Kalori

Tentunya dengan melakukan push up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu, untuk itu push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

12.  Mencegah Osteoporosis

 Kesehatan tulang memang harus kita pelihara sejak masih usia muda. Meskipun beberapa masalah penyakit tulang seperti osteoporosis terjadi saat usia lanjut, namun penyakit ini bisa dicegah sejak awal. Melakukan gerakan push up secara rutin ternyata juga bisa melatih kepadatan tulang pada seluruh bagian tubuh. Kerjasama otot dan tulang pada bagian dada, lengan, dan bahu akan membuat tulang inti menjadi lebih padat dan kuat.

13.  Latihan Rutin Untuk Diet

 Menghilangkan lemak dari tubuh adalah keinginan mutlak bagi semua orang yang sedang diet. Push up bisa menjadi salah satu latihan ringan yang mendukung program diet. Gerakan rutin untuk menaikan badan dan menekan badan dengan tumpuan pergelangan tangan ini bisa menghilangkan lemak di sekitar bokong, pinggul, dan juga lengan. Saat push up, otot-otot pada bagian tubuh akan saling tarik menarik dan melakukan dorongan yang kuat untuk menahan beban tubuh. Sistem kerja otot akan mendorong proses metabolisme dalam tubuh dan proses inilah yang akan membuat lemak bisa menghilang dan menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

14.  Melatih Daya Tahan Tubuh

 Daya tahan tubuh sangat penting untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Tubuh yang terlihat lemah kurang menarik dan cenderung lebih mudah terserang penyakit. Selain mengkonsumsi buah-buahan, latihan push up secara teratur akan meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Namun pada dasarnya  gerakan push up akan memancing tubuh agar mampu melakukan gerakan yang sama secara terus menerus. Hal inilah yang akan membuat orang yang sering melakukan push up akan terlihat lebih segar dan bugar.

15.  Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

 Pembentukan masa otot bisep dan trisep dilakukan dengan metode latihan angkat beban. Tapi jika tidak mempunyai banyak waktu, maka bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up dilakukan dengan gerakan yang benar, maka perkembangan otot bisep dan trisep akan menjadi dengan cepat.

16.  Memperkuat Otot Perut

Salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang rata, kaku dan terlihat stabil. Kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas, maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang. Secara khusus gerakan tulang belakang yang rata dan stabil akan meningkatkan kekuatan otot perut. Selain push up, skot jump juga sangat baik untuk membentuk otot perut.

17.  Kekuatan Otot Dada

Dada adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada ( pektoralis) untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur, maka otot dada akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

Manfaat Push Up Diamond

manfaat push-up diamond
contoh push-up diamond

Push up sebaiknya dilakukan setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan push up, seperti dilansir oleh Mag for Women.

-> Membentuk tubuh

Push up akan membantu Anda membentuk tubuh bagian atas dan bawah. Siapa yang tak tertarik memiliki tubuh berotot dan berbentuk indah? Tak hanya meningkatkan kebugaran, Anda juga mendapatkan bonus berupa bentuk tubuh yang ideal dengan melakukan push up. Selain kesehatan yang meningkat, rasa percaya diri Anda tentunya juga akan bertambah.

-> Push up adalah olahraga yang murah
Anda tak perlu mengeluarkan biaya mahal atau menjadi anggota gym untuk tetap bugar. Dengan push up saja, Anda bisa menjaga kebugaran tubuh dan bisa melakukannya di mana saja. Anda bisa melakukannya di rumah, di kamar tidur, atau di tempat mana pun yang Anda inginkan. Ini juga salah satu alasan mengapa push up sangat baik dilakukan setiap hari.

-> Menguatkan tubuh bagian atas
Push up bekerja pada semua wilayah tubuh bagian atas. Olahraga ini akan menguatkan bagian leher, pundak, lengan atas, dan tangan. Bagi wanita, push up akan membantu mengecilkan lemak yang menggelambir di sekitar lengan atas.

-> Meningkatkan metabolisme
Meski push up tampak seperti olahraga yang ringan dan sederhana, namun olahraga ini bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika melakukan push up, hampir semua bagian tubuh bekerja. Ini juga membantu membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan metabolisme. Push up bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

Langkah-langkah gerakan push up diamond yang baik dan benar:


  • Posisikan tubuh seperti melakukan gerakan PUSH-UP seperti biasa
  • Rapatkan kedua tangan hingga membentuk pola berlian
  • Turunkan badan hingga nyaris menyentuh lantai
  • Dorong badan keatas secara perlahan agar lebih terasa gerakan otot tricepmu ketika melakukan gerakan push up diamond

Bagian-bagian otot yang dilatih ketika kita melakukan gerakan diamond grip push-up yaitu:


  • Tricep
  • Chest (dada)
  • Shoulder (bahu)
  • Abs (perut)

Manfaat Push Up Sebelum Tidur

1. Membentuk Otot Tubuh

Saat melakukan push up, beberapa otot tubuh pada bagian bahu depan, dada dan lengan yang bekerja sangat kuat. Gerakan push up dilakukan secara rutin, maka otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut akan terlatih. Pada bagian bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian  dada saat badan melakukan gerakan naik dan turun.

Selain itu, bagian lengan belakang yang banyak memiliki serabut otot kecil akan terlatih sehingga bisa menjadi lebih kuat. Jika dilakukan secara rutin maka otot pada bagian dada, lengan dan bahu akan terbentuk secara alami dan menunjang perkembangan otot di sekitar badan bagian atas.

2. Memperkuat Otot Perut

Salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang rata, kaku dan terlihat stabil. Kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang.

Secara khusus gerakan tulang belakang yang rata dan stabil akan meningkatkan kekuatan otot perut. Selain push up, manfaat skot jump juga sangat baik untuk membentuk otot perut.

3. Membantu Kekuatan Tulang

Tulang adalah salah satu kekuatan inti tubuh yang sangat penting. Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk berdiri, duduk dan melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang menjadi masalah umum, yang biasa diderita oleh laki-laki dan perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering terjadi adalah masalah tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.

Masalah tulang ini, bisa disebabkan karena tulang rawan pada tubuh tidak terbiasa melakukan gerakan saat masih usia muda. Jika tidak ingin mengalami masalah ini, maka bisa melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu.

4. Kekuatan Otot Dada

Dada adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur maka otot dada akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

5. Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Pembentukan masa otot bisep dan trisep dilakukan dengan metode latihan angkat beban, pada manfaat fitness. Tapi jika tidak mempunyai banyak waktu, maka bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up dilakukan dengan gerakan yang benar maka perkembangan otot bisep dan trisep akan terjadi dengan cepat.

Manfaat Push Up Bagi Wanita

manfaat push-up bagi wanita

- Meningkatkan Ukuran Payudara

Memiliki payudara sehat dan ukuran yang ideal adalah keinginan semua wanita. Wanita dengan ukuran dada yang proporsional juga akan terlihat lebih menarik dalam penampilan. Manfaat push up untuk meningkatkan ukuran payudara ternyata sudah banyak terbukti. Gerakan puh up yang dilakukan dengan intensitas teratur akan membentuk otot dada menjadi lebih kuat. Kekuatan otot dada menjadi lebih besar ketika sistem otot dada mampu menyalurkan cairan yang memasok kekuatan pada otot dada. Hal inilah yang membuat penampilan atlet wanita selalu terlihat bugar meskipun mereka tidak melakukan operasi plastik.

Mengencangkan otot perut – jika anda sering melakukan sit up secara rutin maka otot perut anda akan semakin kuat karena terbiasa melakukan gerakan.

Mengatasi perut buncit – saat melakukan sit up maka otomatis terdapat gerakan pada perut, sehingga lemak-lemak yang ada diperut semakin lama akan hilang.

Mencegah osteoporosis – sit up jika sering dilakukan akan meningkatkan hormon testosteron yang sangat baik bagi kesehatan tulang, sehingga anda terhindar dari penyakit osteoporosis atau tulang mengalami keropos.

Cara Pushup yang dapat kita lakukan :

- Pemula : Push Up di dinding

Berdiri di depan dinding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan anda di depan dinding. Lalu bengkokan lengan anda dengan memajukan badan ke depan dinding. Lakukan dengan sebanyak mungkin, jika sudah terbiasa dan coba lakukan gerakan puluhan kali. Sekarang coba anda lakukan dengan tekanan pada setiap gerakan, dan cobalah setiap gerakan lakukan push up dengan tangan satu.

- Intermediate  : Push up Berlutut

Posisikan tubuh anda layaknya push up yang benar, tapi di cara ini lutut anda sebagai tempat tumpuannya. Letakan tangan anda di lantai dengan lurus dengan wajah ke depan dan kaki anda disilangkan. Turunkan dada anda dengan perlahan ke dekat lantai, lalu kembali ke posisi semula.

- Advanced : Pus up Sempurna

Letakan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu anda. Kaki tertumpu pada ujung jari kaki anda, hingga tubuh berposisi lurus sempurna. Dan jangan ada posisi atau bokong anda menonjol ke atas. Turunkan bagu anda sampai membentuk siku 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus kedepan dengan sambil mengambil nafas. Sebaiknya Push up dilakukan pada pagi dan sore hari, dan untuk para pemula sebaiknya melakukan push up dengan bertahap.

Olahraga yang satu ini sangat sederhana, karena tidak perlu menggunakan alat apapun, tempat khusus untuk melakukannya dan juga waktu yang khusus untuk melakukannya, meskipun sederhana tapi kaya akan manfaatnya untuk tubuh.

Manfaat Push Up Mengepal

Dikutip dari Tempo.co - Push up menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Selain murah karena tidak menggunakan alat, kegiatan ini pun mudah dilakukan di mana saja. Sayang, gerakan push up ternyata sering kurang tepat. Kebanyakan orang yang melakukan push up biasanya telapak tangannya menempel di lantai. "Padahal, sebaiknya saat melakukan push up, tangan harus terkepal," kata Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Bedah Tangan RS Pondok Indah Bintaro Jaya Oryza Satria pada 27 Juli 2018 di Jakarta

Ia mengatakan bila hanya telapak tangan yang menempel di lantai, dan bukan buku jari seperti saat kondisi tangan dikepal, ada kemungkinan distribusi beban tubuh tidak akan merata. Bila push up terkepal, kata Oryza, distribusi beban merata sehingga tidak membebani satu kawasan tangan saja. "Buku jari kita kuat untuk menahan berat badan," kata Oryza.

Dengan mengepal pun, maka akan mengurangi cedera yang terjadi pada pergelangan tangan. Oryza mengingatkan secara anatomi, lengan hingga pergelangan tangan itu lurus. Saat dikepal pun, anatomis tangan antara lengan di bawah siku hingga telapak tangan pun akan lurus. Bila gerakan push up hanya mengandalkan telapak tangan saja, maka ada kemungkinan beban tubuh paling berat hanya ada di telapak tangan. Selain itu, pergelangan tangan yang bengkok saat telapak tangan menempel lantai, akan meningkatkan kemungkinan cedera pada pergelangan tangan.

Masalah tulang di pergelangan tangan adalah salah satu masalah yang banyak terjadi. Oryza menyebutkan masalah di pergelangan tangan adalah masalah tulang ketiga terbesar setelah masalah persendian di tulang belakang dan masalah tulang leher. Bahkan data dari Jurnal Amerika berjudul 'The prevalence of back pain, hand discomfort, and dermatitis in the US working population' menyebutkan bahwa masalah pergelangan tangan di dunia kerja dialami sekita 10,7 persen orang di dunia. Jurnal berjudul Sport -related wrist and hand injuries: a review pun menyatakan aktivitas olahraga mengakibatkan menyuplai 25 persen masalah pergelangan tangan.

Untuk menjaga kesehatan pergelangan tangan, Oryza pun menyarankan agar bergerak yang sesuai nilai ergonomis. Ergonomis adalah nilai guna yang terdapat di dalam suatu benda yang mengandung nilai keamanan, kenyamanan serta keindahan. "Bergerak ergonomis penting dilakukan tidak hanya saat push up, tapi saat mengetik, bekerja, dan berdiri atau juga mengangkat galon bahkan menyetir," katanya mengingatkan.

Berapa Kali Push Up Dalam Sehari ?

Salah satu gerakan yang dapat anda lakukan untuk membentuk otot yaitu dengan melakukan pushup. Push up merupakan salah satu jenis senam kekuatan yang berfungsi menguatkan otot bisep dan trisep. Tata cara melakukan push up yang benar yaitu dengan mengambil posisi tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan, kemudian badan didorong keatas dengan kekuatan tangan. Pada saat melakukan push up posisi badan dan kaki harus tetap lurus. kemudian badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus, badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah, kemudian dorong badan keatas lagi. Anda dapat membentuk tubuh berotot hanya dengan Push up. Anda dapat melakukan push up 200 kali perhari hingga tubuh berotot idaman anda terbentuk, kurang lebih latihan ini memerlukan waktu hingga 7 minggu atau lebih tergantung pola hidup anda selama melakukan latihan. dampak latihan ini dapat dirasakan langsung pada minggu pertama. inilah yang terjadi pada tubuh saat anda melakukan 200 push up perhari.

Minggu pertama, fase ini adalah fase terberat karena tubuh masih belum terbiasa dengan latihan tersebut, kadang kala anda akan merasakan nyeri karena proses pembentukan otot. kemudian otot akan mulai membesar terutama otot dada dan trisep. untuk dapat membentuk otot anda menjadi lebih besar, cobalah menggiatkan latihan tersebut dengan menambah porsi latihan atau banyaknya push up.
dalam minggu kedua anda akan mulai terbiasa melakukan ratusan kali push up

- Di minggu ketiga, anda akan mulai terbiasa dan menguasai latihan ini, keterampilan dalam memadupadankan push up dengan olah raga lain juga dapat membantu membentuk otot tubuh.

- Pada minggu keempat tubuh sudah beradaptasi dengan latihan ini, metabolisme tubuh akan meningkat yang diiringi dengan pembakaran lemak yang meningkat pula.

- Di minggu kelima anda akan merasakan hasil latihan ini, anda akan terbiasa melakukan olah raga apapun termasuk push up.

- Di minggu terakhir otot tubuh anda akan mulai mengencang, stamina dan kekuatan meningkat, dan tubuh idaman anda mulai terbentuk.

Jika anda telah melewati fase-fase tersebut disarankan agar tidak meinggalkan olah raga, karena akan mengendorkan otot tubuh anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "101 Manfaat Push Up Diamond 100 kali sehari Sebelum/Sesudah Bangun Tidur "

Posting Komentar